Kamis, 23 Januari 2020

Mengapa Hari Jumat sangat istimewa untuk muslim?

Hari Jum’at menjadi hari yang sangat istimewa bagi umat Islam. Mengapa demikian? Sebab hari Jum’at disebut-sebut menjadi hari dimana doa-doa umat Islam menjadi sangat mustajab. Salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa di hari Jumat adalah ba'da ashar. Jadi, buat kalian semua jangan sampai terlewatkan karena ini kesempatan banget deh buat minta sebanyak-banyaknya sama Allah.

DIRIWAYATKAN dari Jabir bin Abdullah r.a., “Rasulullah Shalallaahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :“

Hari Jumat itu terdiri dari dua belas jam. Dalam dua belas jam itu terdapat satu jam yang tidak ada seorang muslim yang memohon sesuatu kepada Allah pada saat itu, kecuali Allah akan memberikannya kepada muslim itu. Maka, mintalah pada akhir waktu setelah Ashar.” (HR. Abu Dawud No. 1048, dan An-Nasa’i dalam Al-Jum’ah No. 1389 ).

Selain itu, banyak para muslim yang mengamalkan sunnah dengan membaca surat Al - Kahfi dari mulai setelah magrib malam Jumat sampai magrib hari Jumat. Adapun jika memang terkendala oleh waktu bisa diamalkan membaca Al-Kahfi 10 ayat pertama dan 10 ayat terakhir, alangkah lebih baiknya bisa sampai dihafalkan karena keistimewaannya kita bisa terhindar dari fitnah Dajjal. Berikut ini aku dapat tips mudah untuk membaca surat Al-Kahfi secara keseluruhan :

Islam itu agama yang mudah hanya saja nafsu kita sebagai manusia yang sulit menerima kebaikan. Andai kita sudah menjatuhkan hati ini pada Allah, sesempit apapun waktu yang kita miliki pastinya akan menyempatkan diri untuk menjalankan perintah Allah dan sunah Rasul. Ingatlah, Nikmat yang sering melenakan manusia adalah nikmat sehat dan waktu yg lapang. Semoga kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang beruntung, aamiin.

*Mbu*

2 komentar: